Mengenal Augmented Reality

Seiring dengan perkembangan teknologi, sudah semakin banyak teknologi yang bisa kita nikmati. Salah satunya adalah teknologi AR (Augmented Reality). Teknologi yang satu ini sudah menjadi salah satu teknologi yang berkembang pesat hingga bisa kamu nikmati melalui smartphone.

Tapi, tahukak kamu apa itu teknologi AR? Dan seperti apakah teknologi tersebut? Pada kesempatan ini, kita akan membahasnya sampai tuntas.

Mengenal Teknologi Augmented Reality

Teknologi Augmented Reality atau yang sering disingkat AR, merupakan teknologi yang bekerja dengan menggabungkan konten digital dengan dunia nyata secara real-time. Sehingga, teknologi ini memungkinkan kamu untuk melihat objek 2D dengan objek 3D secara bersamaan.

Karena menggabungkan objek di dunia maya dengan dunia nyata, adanya perangkat keras seperti kamera dan layar akan sangat penting. Menggapa? Kamera digunakan untuk mengambil objek di dunia nyata. Sedangkan layar digunakan untuk menampilkan objek yang ditangkap kamera dan objek 2D yang sudah digabungkan menjadi satu.

Penerapan Teknologi Augmented Reality

1. Film

Movieholics. Gorgeous young woman smiling happily while cuddling with her handsome boyfriend during movies at the cinema

Saat ini, sudah banyak sekali film yang menggunakan teknologi AR. Dengan hadirnya teknologi ini dalam produksi film, maka film yang diproduksi akan memiliki animasi dan editan yang memanjakan mata. Beberapa contoh film terkenal yang menggunakan teknologi AR antara lain Iron Man, Avengers, Avatar, dan lain sebagainya.

2. Game

FPS AR Games

Selain film, saat ini sudah banyak game yang bisa kamu mainkan menggunakan teknologi AR. Kalau kamu ingat, game populer pertama yang menggunakan teknologi ini adalah Pokemon Go. Pasti kamu sudah pernah memainkan game yang satu ini, bukan? Selain Pokemon Go, beberapa game seperti Ingress Prime, Jurassic World Alive, hingga Cosmic Frontline, juga menggunakan teknologi yang satu ini.

3. Medis

Doctor touching modern virtual screen interface medical technology

Selain digunakan untuk hiburan, teknologi AR juga dipakai untuk membantu pekerjaan manusia. Salah satunya adalah di dunia medis. Mulai dari pelatihan operasi, hingga mempelajari anatomi tubuh manusia.

Masih banyak lagi berbagai teknologi AR yang ada di kehidupan sehari-hari kita. Semoga informasi tentang teknologi AR kali ini bermanfaat untuk kamu yang membacanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *