Mengenal Virtual Reality

Ketika kamu ingin bermain game, pasti yang terlintas di pikiranmu adalah bermain di komputer, smartphone, ataupun console seperti PlayStation, Nintendo, ataupun Xbox. Begitupun ketika kamu ingin menonton film. Kamu mungkin akan berpikir untuk menonton di televisi.

Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini kamu juga bisa bermain game ataupun menonton film di sebuah perangkat yang disebut dengan VR. Lantas apakah itu VR?

Apa Itu VR?

Man and woman playing game using virtual reality headset and gamepads in the dark room of the playing club

Virtual Reality atau yang biasa disingkat dengan VR, merupakan suatu teknologi visual yang membuat penggunanya dapat berinteraksi dengan dunia maya meskipun penggunanya ada di dunia nyata. Artinya, apa yang kamu lihat di dalam VR adalah dunia maya yang dibuat seolah-olah sedang berada di dunia nyata.

Untuk lebih jelasnya, konsep VR sendiri sama seperti yang ada di dalam film Ready Player One. Di mana pada film tersebut, para pemain akan menggunakan sebuah perangkat khusus untuk melihat keseluruhan dunia maya yang terbentuk di dalamnya.

Cara Kerja dan Sistem Teknologi VR

Virtual Gaming Concept. Portrait Of Excited Black Male Enjoying Augmented Reality Experience, Amazed African American Guy Having Fun While Playing Video Game, Under Purple Neon Light, Panorama

Teknologi VR bekerja dengan memanfaatkan sebuah perangkat khusus, yaitu kacamata VR. Dengan perangkat tersebut, kamu bisa menikmati segala macam konten yang sudah memanfaatkan teknologi VR.

Konten yang mendukung teknologi VR selalu memiliki bentuk tiga dimensi. Bahkan, jika ada gambar orang, ukurannya akan disesuaikan dengan ukuran orang normal di dunia nyata. Selain itu, kamu bisa melakukan berbagai macam hal yang umum kamu lakukan di dunia nyata. Mulai dari mengangukkan kepala, mengedipkan mata, berjabat tangan, hingga berjalan kaki. Hal tersebut bertujuan agar lingkungan yang terdapat di dalam VR bisa memberikan pengalaman seakan-akan sedang berada di dunia nyata.

Contoh dan Penerapan VR

Two young indian people having fun with a new technology of a vr headset at virtual reality simulator.

Saat ini, kamu mungkin sudah mengenal berbagai macam hiburan yang menggunakan teknologi VR. Mulai dari menonton film, hingga bermain game. Selain itu, VR kuga berperan penting dalam berbagai bidang.

Misal dari bidang militer, saat ini ada beberapa negara yang menggunakan teknologi VR sebagai perangkat penunjang simulasi perang. Di bidang otomotif, beberapa pabrikan kendaraan ternama seperti Ford dan Honda menggunakan teknologi VR untuk mengembangkan kendaraan yang mereka produksi agar mendapatkan hasil yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *